Tips Memilih Tempat Makan di Kaki Lima

Bagi para pemburu kuliner, tempat makan kaki lima atau tempat makan di hotel berbintang lima tak ada bedanya. Bukan hanya soal suasana yang dicari, melainkan yang terpenting adalah cita rasanya. Apalagi makanan dengan harga yang murah, namun rasanya maknyos melebihi rasa makanan di hotel tentu akan memberikan sensasi yang lebih hebat.

Di berbagai daerah, para pedagang kaki lima merupakan fenomena yang tak terpisahkan dengan denyut dan dinamika bisnis yang terjadi. Di berbagai kota besar,
pertumbuhan para pedagang kaki lima mungkin jauh lebih pesat ketimbang di kawasan yang pertumbuhan bisnisnya kurang. Bahkan tak jarang, makanan yang disajikan para pedagang kaki lima tak berbeda jauh dengan di restoran atau di hotel.


Namun dibandingkan rumah makan, restoran, atau hotel, tempat makan kaki lima memang terkesan kurang menarik. Apalagi masalah kebersihan makanan yang disajikan juga kerap dipersoalkan. Nah, agar anda dapat menikmati makanan ala kaki lima tanpa takut sakit perut, berikut beberapa tips ringan yang mungkin berguna untuk anda.

1. Perhatikan Penampilan Sang Juru Masak

Cara mudah melihat kebesihan makanan di suatu rumah makan adalah dengan melihat atau mem,perhatikan juru masaknya. Tempat makan kaki lima umumnya tidak mempunyai ruang terpisah dalam memasak atau mempersiapkan makanan, sehingga pengunjung atau pembeli dapat dengan mudah melihat sang tukang masak beraksi. Jika sang koki terlihat bersih dan rapi juga proses memasaknya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa warung makan itu cukup memperhatikan soal kebersihan.


2. Perhatikan es batu atau bertanya

Cara menilai pemilik warung memperhatikan kebersihan dan kesehatan atau tidak. Tanya kepada pemilik warung, apakah es batangan atau cristal yang digunakan untuk minuman dingin, jika es batangan urungkan niat anda untuk memesan minuman dingin, dan ada kemungkinan makanan yang lain dalam prosesnya tidak mengutamakan kebersihan dan kesehatan


3. Perhatikan Bagaimana Perlengkapan Makan Dibersihkan

Perhatikan juga proses tukang cuci piring dalam membersihkan dan mencuci piring kotor yang telah digunakan. Jika anda tak menemukan atau tidak melihat adanya sabun cuci atau busa putih pada piring yang sedang dicuci, tak ada salahnya jika anda membatalkan makan di warung tersebut. Warung makan kaki lima yang menghargai pembelinya, sudah seharusnya memperhatikan soal kebersihan semacam ini.


4. Cari referensi browsing Google dan Teman

Bertanya kepada orang lokal atau tinggal di sekitar warung makan juga merupakan langkah bijak jika kita ragu terhadap makanan yang disajikan suatu warung makan. Informasi atau rekomendasi mereka dapat menjadi pertimbangan untuk berburu kuliner di tempat makan kaki lima tanpa khawatir dengan risikonya.

Selain tips di atas yang tidak kalah penting adalah pelayanan, meskipun kita makan di warung kaki lima tapi kita perlu mendapat pelayanan hotel bintang lima, Senyum dari penjual juga akan menambah selera makan

Jadi, setelah mengetahui tips-tips diatas, berarti tiba waktunya kita berburu kuliner kaki lima tanpa takut terkena sakit perut sesudahnya. Selamat berburu makanan kaki lima! Cheers!

Sumber: travelblog