Gulai Kikil Sapi Elok Saiyo

Gambar Produk 1
Kikil sapi atau tunjang lembut dan kenyal, dengan bumbu kuning beraroma rempah kuat yang gurih dan nikmat.
Kalau anda pergi ke RM Padang "Elok Saiyo" gulai tunjang pasti sudah tak asing lagi. Tunjang merupakan bagian kaki sapi yang juga biasa disebut dengan kikil. Sajian ini bercitarasa gurih dan pedas, dengan kuah santan yang kental. Warna sajian ini cukup bervariasi, mulai dari kuning pekat hingga oranye kemerahan dari penambahan cabe dan rempah pilihan diolah dengan resep turun temurun.

Gulai khas Minang tidak hanya memakai santan kental tetapi juga bumbu yang komplet. Karena direbus lama maka santan akan berminyak kemerahan karena cabe merah dalam bumbu. Sedangkan campuran bumbu kunyit dan rempah lainnya membuat kuah jadi kekuningan dengan rasa gurih pedas yang enak.

Rasa tunjang yang pedas gurih ini makin asyik lagi jika dipadukan dengan daun singkong rebus dan sambal lado mudo/hijau yang pedasnya menggigit, untuk menikmati kikil ini dalam santapan lebih asyik menyuapnya menggunakan tangan.

Tidak ada data tertulis yang mencerita kapan gulai kikil ini mulai diminati oleh masyarakat minangkabau, setelah ditelusuri dari cerita orang tua-tua kampung di minangkabau bahwa gulai kikil ini biasanya dimasak pada saat hari besar seperti adanya jamuan mandoa/selamatan, acara akikah dan lain lain. (ESG)

ORDER VIA CHAT

Product : Gulai Kikil Sapi Elok Saiyo

Price :

https://www.eloksaiyo.com/2023/10/gulai-kikil-sapi.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Comments